Thursday, August 19, 2010

Aku bertanya kepadamu

Umurku sekarang 65 tahun
Belumlah dikatakan aku sudah tua, karena aku masih bisa berlari
Kemarin aku ultah dan di kado sesuatu yang membuatku meneteskan air mata
Pembebasan 3 pegawai DKP oleh polisi diraja Malaysia
Aku malu, aku sedih….

Sekarang aku bertanya kepadamu,
Yang dulu sering mengikuti upacara di hari ulang tahunku

Kepada engkau,,,
Pembaca undang-undang dasar 1945 yang bersuara lantang
Sekarang mana suaramu..???
Mana suara kritismu? Ketika melihat ketidak adilan mulai bermunculan
Ketika hak si miskin mulai dimakan orang yang rakus dunia
Mengapa kau diam???!!!

Dan Kau, pembawa teks pancasila
Yang dulu kau begitu setia
Mengikuti kemana langkah2 pembina upacara
Mengapa sampai sekarang kau hanya jadi seorang pengekor
Mana inovasimu, mana kreasimu?!!!
Dan kau.. yang hanya jadi peserta saja dan sering berbaris paling belakang
Sekarang aku lihat kau sudah bekerja di instansi yang begitu aku banggakan
Kemana mana menenteng laptop bermerk terkenal
Tapi mengapa hardismu kau isi dengan game, film, video yang membuat malu dan membuat merah mukaku?
Kenapa tidak aku lihat hardiskmu penuh dengan coretan coretan karyamu?

Aku sedih.. aku malu…
Merahputihku kau kibarkan dan mulai usang dan mulai terkoyak di sana sini tanpa kau pedulikan
Bahkan anak-anakmu, adik-adikmu , keponakanmu sudah lupa teks lagu kebangsaan
Aku sedih aku malu…

Tapi..setidaknya aku masih bangga padamu..
Kau, yah kau .. yang berbaju merah
Aku ingin pengabdianmu tulus melayani negeri ini
Seperti tulusnya perjuangan eyangmu, kakekmu, pamanmu atau saudaramu
Yang telah menumpahkan darah untuk aku

Teruslah mengabdi untuk negeri


Denpasar, 18 Agustus 2010

2 comments:

dadankvodka said...

manyap euy puisionya

deus_ex said...

keren
nasionalis sejati ..